1 Sep 2017

Singgah dan Selfielah

Berbagai Jenis Handphone, Sumber : Internet


Handphone bukan sekedar sebagai sarana alat komunikasi telpon dan sms semata, dengan berkembangannya teknologi telah berubah fungsi yang sangat canggih, baik itu perkembangan berbagai aplikasi media sosial, maupun dengan fitur kamera yang makin hari makin bagus pula,  banyak jenis HP berinovasi saling berlomba memberikan kualitas foto yang benar-benar dapat dikatakan wow banget deh.

Hal ini tentu berdampak positif untuk pengguna HP dalam memanfaatkan HP nya sebagai alat Dokumentasi, baik pribadi, keluarga maupun lain sebagainya, termasuk saya dan saudara/i dimana saja berada telah memanfaatkan hal tersebut tanpa repot membawa Kamera khusus lagi.
Sehingga tak heran jika saat ini banyak pula dari pada Masyarakat di Indonesia, bisa jadi anak muda pada umumnya ke Masjid pun membawa HP, jeprat jepret di dalam masjid saat khatib sedang khutbah, jeprta jepret saat pengurus Masjid sedang memberikan sambutan, kaum hawa bisa jadi lebih dominan kenarsisannya menggunakan Kamera HP yang kita kenal istilah Selfie. Ada pula yg hanya sekedar foto2 di depan lokasi Masjid, sampai mendapatkan foto terbagus versinya maka tak lama setelah itu foto itu segera beredar di akun-akun sosmed milik meraka dengan berbagai status, misal "Sholat idul adha dulu" atau lebih narsis dengan kata-kata ala2 anak alay. Hehe

Di hari ini mungkin momentum Selfie di Masjid menjamur di akun-akun Sosmed, mulai dari mukena baru,baju baru atau menu makanan lebaran beredar juga di sosmed.

Untuk hal yang berkaitan dengan HP ini saya pernah mengalami dengan panggilan Autis, lebih condong tidak menghiraukan kiri kanan lagi jika telah megang HP, di ajak ngobrolpun udah gak nyambung, haha.
Apakah sampai sekarang saya sudah gak lagi pegang HP? Aaah tentu saja saya masih aktif pengguna HP smartphone yg aktif, namun sudah sangat jauh berubah, jika dahulu selalu membawa yang namanya Powerbank kemana-mana, sampai batre 5% tetap gunakan HP, sampai-sampai HP saya batrenya cepat rusak. Belajar dari pengalaman tersebut saya mencoba untuk matikan HP selalu saat charger,udah gak pakek Powerbank lagi. Bila momen2 ibadah juga selalu berusaha tidak membawa HP atau mematikan/silent dan tidak foto2 narsis di dalam Masjid. Mudah2an hal ini dapat terus dijalani kedepannya.

Nah untuk yang masih suka eksis bagaimana? Itu adalah bagian dari pilihan kita masing-masing,  kita bebas berekspesi, bisa jadi saya juga pernah selfie di depan Masjid bahkan di dalam Masjid, saya percaya jika niat kita sekedar kagum dengan megahnya Masjid tidaklah menjadikan hal yang sia-sia, namun jika niatnya lebih ke narsis atau agar orang2 tau kita telah beribadah, ini dapat menyebabkan kesia-siaan, balik lagi ke niat. Bahkan apabila isi kandungan yg disampaikan khatib, atau penyampaian dari Imam tak lagi di dengar karena lebih fokus ke HP kita, ini menjadi perbuatan kita yang sia-sia.

Kawan-kawan pernahkan liat tulisan di depan Masjid, apalagi Masjid yang dipinggir jalan, tulisan itu seperti ini "SINGGAH DAN SHOLATLAH" 
Kebayang gak sih jika Kalimat ajakan itu di ganti "SINGGAH DAN SELFIELAH"
Semoga Masjid-masjid pinggir Jalan Khususnya dapat tetap memasang himbauan tersebut, di Masjid lah tempat kita beribadah bersama, menjadikan tempat belajar dan silaturahmi antar sesama Umat Islam.

Akhir kata, Selamat Hari Raya Idul Adha, Semoga Rangkaian Ibadah Haji yang di jalankan Jamaah Haji dari Indonesia berjalan lancar, Khusuk dan menjadi Haji yang Mabrur, begitu pula kita yang belum.bs berangkat, diterima amal ibadah kita hari ini, Sama-sama berdo'a agar kita juga dapat menunaikan Rukun Islam yang ke-5 tersebut. Aamiin.

Piss 

25 Jul 2017

Bagaimana Cara Cepat bikin SIM?


Akhirnya Terbit juga

Saya pikir semua orang yang sudah 17 Tahun keatas sudah kenal ya dengan yang namanya SIM, khususnya yang sudah bisa mengendarai sepeda motor dan mobil, berbagai macam Jenis SIM, untuk orang penyandang cacatpun ada SIM nya yaitu SIM D, kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya selama mengurus SIM C hingga akhirnya bisa saya dapatkan kartu kecil yang disebut Surat Izin Mengemudi tersebut, ini tentu satu2nya surat yg kecil dan berbentuk kartu, dimana biasa kita tau bahwa surat itu biasanya selembar kertas bahkan lebih, jadi sebenarnya apa sih definisi Surat dan SIM itu? Berikut dibawah ini pengertiannya silakan dibaca.

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja.

SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Baik, udah pada baca kan? Ngerti dong ya? Sekarang saya lanjutkan cerita saya, pengurusan SIM sekarang sangat gampang, syarat2nya dapat anda catat sebagai berikut :

Udah itu aja, dalam hal ini saya berterima kasih kepada Dokter Widya dan asistennya fitri yg sudah membantu untuk Surat keterangan sehat.

Hari itu tanggal 14-3-2017 saya datang ke Polres Tebo dengan gagah berani, disambut ramah sama pak polisi dibagian pengurusan SIM, setelah mengisi formulir kemudian menunggu untuk ujian teori, tak lama menunggu langsung dipanggil ikut tes teori, di dalam ruangan tes saya pede abis mengisi 30 soal yang ada, sekali baca langsung di isi, semua saya lakukan pakai insting tanpa belajar, siap mengisi langsung dikoreksi oleh pak polisi, alhamdulillah baru betul 19 soal, sedangkan minimal betul harus 21 soal, dan artinya saya belum lulus ujian teori, sungguh terpaksa harus datang lagi setelah 1 minggu. Namun saya kembali datang pada tgl 18-5-2017 dan ujian kembali setelah dikoreksi betul 20, artinya saya masih gagal, efek gak belajar kali nih, dan gak pkek berdoa lagi sebelum mengisi, semacam ada rasa dongkol dalam hati dan malas mau ujian lagi, mendengar cerita salah satu teman kantor yg 3 kali sudah gagal harus memasukkan bahan kembali dari awal, menjadi semangat lagi, aaah masih ad 1 kali jatah gagal, harus bisa lulus, begitulah gumam dalam hati, apalagi banyak himbauan dalam spanduk dan x banner di ruang tunggu ujian SIM bertuliskan "Stop Calo, urus SiM sendiri" Memotivasi banget ni jadi orang benar merevolusi sistem yang selalu dipikir negatif kebanyakan orang.
Ingat pesan aa gym deh "mulai dari diri sendiri".
Tak lupa saya foto disebagian himbauan STOP CALO!!!

STOP PUNGLI!!! URUS LA DEWEK SIM KAMU
STOP Pungli, Lapor Satgas Saber Pungli

LIAT TUH TULISAN HIMBAUAN BAGUS-BAGUS

Ok, tibalah saat teman kantor minta temani ke polres untuk perpanjangan SIM C dia pada 12 Juli 2017, enaknya kalau perpanjang tidak melalui ujian lagi, tentu sudah pernah ujian sebelumnya kan, sedangkan saya harus ujian kembali, salah sendiri sih SIM C saya sudah mati. Lanjut mengikuti tes tertulis dijatah yg ke-3 ,sebelum memasuki ruangan tes, saya berdo'a terlebih dahulu, saya benar2 khusuk untuk Do'a kali ini, kemudian masuk ruang tes, kertas soal dan lembar jawaban sudah ditangan, tak seperti 2 tes sebelumnya, kali ini saya benar2 baca berulang-ulang untuk 1 soal saja, jika merasa belum bisa jawab maka saya lewatkan, maklum saya tetap mengisi pakai insting saja, kan orang pintar yang pernah ada, haha, soalnya gampang sih, al hasil saya gunakan waktu sampai limitnya habis yaitu 20 menit, kumpul deh, menunggu sesaat karena pak polisi sedang mengkoordinir peserta ujian praktek, ibu polwan yang sigap ambil alih mengoreksi lembar jawaban saya, deg-deg an udah pasti, melihat ibu polwan mengoreksi, aaah ternyata ada 1 soal malah tidak saya isi, makin deg-deg an nih, 2 tes terdahulu saja 30 soal saya isi semua malah gagal, ini 29 soal yang saya isi. Namun alhamdulillah saat penghitungan saya betul 23. Artinya saya bisa lulus, memang pintar ya saya. Hahaha. Alhamdulillah Mak saya lulus, meski perjuangan saya belum usai, langkah menuju ujian praktes sudah terbuka, menunggu lagi untuk ujian prkatek.

Makin pede saya bisa lulus, menunggu giliran ditemani kawan saya bernama Leni Qusdi, foto dulu peserta jelang tes praktek, jepret ....

Foto Bareng Jelang ujian Praktek

Tibalah saat giliran saya, minta tolong kepada Qusdi, rekamin dong, niat nya ya akan saya posting agar orang2 tidak berfikiran terlalu sulit untuk mengurus SIM mereka, begini loh, bikin SIM itu gampang, silakan saksikan Video ujian praktek saya saat itu dibawah ini.



Video di atas bukalah video kelulusan saya, ada 2 ujian yg blm lulus, yaitu uji  terjadi kesalahan kaki kanan saya menginjak ke aspal, uji angka 8 saya mainkan gas motor. Dan artinya hari itu saya gagal tes uji lapang I,kata Pak Polisi silakan kembali lagi 1 minggu kemudian.

Pada 20 Juli  2017 saya kembali datang ke Polres Tebo sejak pagi sekitar pukul 9 an,  begitu ramai hari itu, sehingga waktu dihabiskan di polres sampai sore, uji praktek I kali ini saya banyak mendokumentasikan video, dan jadi banyak kawan seperjuangan, blak2an semacam sudah akrab kita bercanda tawa agar suasana tidak membosankan, nah disini pula ada 1 org yg tes hari itu dan lulus jg hari itu, namanua muzakir, saya coba tanya ke dia tips n triknya di ujian teori, saya belajar bg jawabnya melalui contoh2 soal yg saya dapatkan di internet. Untuk ujian praktek dia juga langsung lulus di uji lapang I, tenang dan pede banget deh bawa motornya, Ada juga salah satu cewek yg lulus saat itu, saya juga dokumentasikan untuk uji angka 8, silakan tonton dibwah ini, buat motivasi kawan2 cewek nih, namun tes nya gak cuma sampai situ, kita melalui uji lapang II, kita bawa motor keluar alias tes dijalan, dan setelah itu akan ada pertanyaan dari pak polisi yang menguji, semisal pertanyaan "bagaimana cara menyalip?" Dll. Silakan lalui semua proses itu dengan Semangat, belajarlah untuk memulai segala sesuatu itu dari diri kita sendiri dulu.

Berikut beberapa Video Perjalan urus SIM C saya :













Silakan rangkum sendiri tips n trik dari saya diatas, disini saya hanya ingin mengajukan pertanyaan :

BAGAIMANA CARA AGAR ADA SOLUSI TES SIM TIDAK MEMAKAN WAKTU YANG LAMA?

 Mungkin perlu adanya tenggang waktu mengulang lebih cepat, gagal hari ini boleh datang hari esok, atau akan lebih baik boleh mengulang hari itu juga, soal tes  nya kan juga ada nomor seri masing-masing alias berbeda. Untuk uji praktek lapang Mungkin dipersilakan para peserta tes untuk mencoba terlebih dahulu dengan jatah percobaan 2 s/d 3 kali, setelah itu baru dilaksanakan ujian.

Tentu hal tersebut membuat antrian makin menumpuk, untuk solusinya bisa jadi ada tambahan Sepeda motor uji praktek sim, dan jika cuma ada 1 unit, bisa jadi per hari peserta SIM dibatasi, sehingga dapat meminimalisir waktu dari para peserta yang mungkin datang jauh-jauh dari desa atau rumah yang jauh dari polres.

Namun jika segala peraturan yang telah ada tidak dapat diganti lagi, silakan para peserta yang  mau membuat SIM mencari solusi sendiri, solusi dari saya :
  1. Berdo'a terlebih dahulu
  2. Silakan belajar
  3. Tonton video saya dan cobalah dilangan terbuka ujian tersebut.
  4. Dari setiap uji lapang, sebelum memulai diharuskan kepala menoleh ke kanan, ingat jangan salah, kemarin ada 1 peserta malah menoleh ke kiri, ini jadi bahan candaan kita juga kemarin.
  5. Tanamkan dalam hati kalian, Hidup Asik tanpa Orang dalem, soalnya kemarin ada yg nanyain di fb saya, abang urus SIM ada orang dalem y? Saya cuma bilang, Abang cuma pakek celana Dalem, haha
Yesss, STOP CALO!!! URUS SENDIRI SIM ANDA KAWAN!!

20 Jul 2017

Pengumuman Tes Honorer Tebo

Silakan donlod nih pengumuman tes honornya, SELAMAT KEPADA YANG LULUS!
Klik saja link yang dibawah ini "Yakin gak ada Unsur Politik" sedot gan

Yakin gak ada Unsur Politik?




15 Jul 2017

Ayah dan Mak Petani Sejati

Ayah dan Mak , Foto waktu masih Mudo


Kacang panjang yg mulai memanjang

Pagi-pagi Rabu 12 Juli 2017 saya melihat kesebelah Rumah sudah banyak tanaman yang tumbuh, tanaman tersebut berupa sayuran, Ada kangkung, Ubi, Katu, Kacang Panjang, Kacang Buncis dan beberapa tanaman lainnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Tanah yang sebelumnya kosong, berisi batang pohon liar, dan lalang, biasa kita sebut semak, sudah berganti dengan perkarangan tanaman yang lebih bermanfaat.

Pucuk bs dipetik dan disayur, isi biso digoreng

Sayur Mayur

Aksi 2 orang yang sangat saya sayangi dan cintai selama bulan Puasa 1436 H lalu, aktivitas pagi usai Subuh dan Baca Al-Qur'an, mereka bergerak dengan santai bercocok tanam, Alhamdulillah yang mereka tanam sudah dapat dinikmati, Mak sudah masak Kangkung sendiri, kita makan bersama dengan menu sederhana yaitu sambal jengkol tri, urap pucuk kates.

Inilah salah satu aksi nyata yang harusnya bisa saya contoh, namun kok ya masih malas, hmm bismillah, semoga menginspirasi . Terima kasih Ayah dan Mak sudah berikan contoh langsung dimasa Tua Kalian yang harusnya sudah Pensiun dari pekerjaan Tani.

Petani sejati yang tangguh, Semangat yang masih menggebu masih terlihat jelas, Tenaga yang mulai melemah sudah tampak jelas. Semoga Kesehatan selalu pada kalian, dan Kita mendapatkan Tempat berkumpul bersama di Sorga Kelak. Aamiin Ya Allah.

Bukan Pagar Makan Tanaman

11 Jul 2017

Ngupi Kudai Mangke Dek Bene

Terlalu Banyak perbedaan di NKRI ini, mulai dari Bahasa, Budaya, Adat Istiadat dan lain sebagainya. Indahnya Indonesia, Namun keberagaman ini acapkali membuat terjadi perselisihan antar warga, namun tak heran pula dari berbagai perbedaan tersebut malah mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman.

kali ini pengalaman perjalanan menuju Desa Gunung Agung Kecamatan Tanjung Sakti Kabupaten Lahat. 2 mobil kecil kita gas tipis.


TOYOTA COROLLA DX 1982 DAN TOYOTA AGYA

Foto di atas merupakan foto perjalanan kita pulang saat singgah di salah satu Masjid waktu Maghrib, Perjalanan darat yg memakan banyak waktu tersebut telah memberikan banyak pengalaman bagi kita, teman saya yg Nikah di kampung nya tersebut salah satu teman yg dulunya pernah jadi pecandu Rokok, namun Alhamdulillah dia telah terkontaminasi dengan pikiran yg jernih sehingga melepaskan rasa candu tersebut, candu Kopi sepertinya yg masih blm lepas, lebih rutin ngopinya dari pada saya, kita berdua terkadang suka titip2an bikin kopi jika sedang dikantor, masak sendiri air panasnya, jadi jika saya yang bikin, bang wandi yg nitip atau sebaliknya, gak ada rasa keberatan, paling suka bercandaan saja, kalau dia pulang dari kampung, suka bawak kopi Pagar Alam.

Perbedaan suku, bahasa, adat istiadat ini larut dalam secangkir kopi, bahkan kita candaain dengan kalimat "Ngopi Dulu biar gak pusing" nah ternyata arti dari judul tulisan kali ini adalah kalimat yg kita candain tersebut. Sebelum main ke kampungnya bang wandi, saya pernah sih dengar dia ngomong "kudai" via hp. Semua rasa penasaran bahasa tersebut terjawabkan saat perjalanan kemarin. Kemudian ada suatu kebiasaan disana saat kita jadi tamu dalam acara resepsi, pulangnya kita dapat sebuah bingkisan, isinya ada ayam, kue dan kerupuk gitu, seruu juga ya, dan tak lupa kita dokumentasikan bersama momen tersebut.
Kalian tau bahwa bingkisan tersebut kalo di Daerah Kita sebut Sangkek Asoy, biasa di Pulau Jawa disebut Kresek, gitu deh banyak perbedaan antar Daerah, ada lagi sebutan lain di daerah kalian? Sebutin dong, biar saling tau bahasa daerah.

Hore Dapat Sangkek Asoy

Lebih kurang 1 jam perjalan dari kampung bang wandi menuju pagar alam, salah satu tempat wisata yang sempat kita singgahi adalah Kebun Teh, luas kebun teh di atas pegunungan tersebut menjadi berbeda dengan Kebun Teh di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Walau letih namun menyenangkan.

Kita kembali pulang dengan berbagai cerita dibenak masing2, Terima kasih kepada My dixi (corolla dx) yang sudah dapat mengantarkan perjalanan Antar Kota Antar Provinsi. Sampai jumpa di perjalanan berikutnya. Ya sudah "Ngupi Kudai Mangke Dek Bene"

SELAMAT BERBAHAGIA KAWAN, SELAMAT MENGEMBAN TUGAS SEBAGAI PEMIMPIN RUMAH TANGGA, SEMOGA KAMI YANG JOMBLO SEGERA MENYUSUL, AAMIIN


FOTO BARENG PENGANTIN