25 Jan 2018

Musim Panen Padi, Harga Beras beranjak Tinggi


Panen Raya Padi

Memasuki Akhir Januari 2018, banyak Desa di Kabupaten Tebo sedang berada pada musim Panen Padi Sawah, bahkan ada pula yang panen padi ladang.

Mulai dari Desa di Kecamatan Tebo Ilir, Tebo Tengah dan Tebo Ulu, Petani Padi Sawah bergembira melaksanakan panen.
Support dari Pemerintahan pun di dapatkan oleh Petani di Tebo, dibawah naungan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahan Kabupaten Tebo,


Kelompok Tani yg aktif melalui BPP masing-masing kecamatan, bekerja sama dengan Para Penyuluh yang aktif turun ke Desa, mereka mendapatkan bantuan seperti Benih, pupuk, pestisida, Alat tanam, alat pengolah lahan/bajak (Handtractor) sampai alat panen (combine), tentu dukungan dari pemerintah ini tidak akan dapat terlaksana tanpa adanya lahan sawah, Petani yg siap bekerja.

Baru-baru ini, dukungan tersebut tidak sebatas bantuan saja, namun sampai kepada support langsung, Dengan adanya kegiatan Panen Raya Padi yg di gelar di Kabupaten Tebo, tepatnya di Desa Pulau Jelmu Kecamatan Tebo Ulu, oleh Gubernur Jambi Zumi Zola, dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Tebo, dari pihak Polisi, TNI, Unsur Forkompinda dan Kepala OPD Kabupaten Tebo, Camat dan seluruh Masyarakat setempat maupun undangan.

Dari kegiatan tersebut harusnya menjadikan semangat dan Syukur kepada Allah SWT atas segala niimat juga Karunianya sehingga hasil panen dapat di nikmati. Hari ini Kamis 25/1/2017 saya berkomunikasi dengan beberapa ketua kelompok Tani di Desa via HP, menanyakan kabar, sekaligus menanyakan harga beras di tingkat Desa. Ternyata harga jual sudah berada di harga Rp. 11.000,/kg. Alhamdulillah ikut senang mendengar kabar dari mereka. Untuk kebutuhan makan 1 Tahun ke depan sudah terpenuhi di keluarga mereka.

Dimana di Tahun sebelum nya harga jual di tingkat Desa masih ada di harga Rp. 9.000,-/ kg, artinya ini telah mengalami kenaikan harga. Apakah semua Desa yg sedang panen ini menjual dengan harga yg sama? Kesimpulannya belum tentu, harga ini saya dapatkan info dari berbagai Desa yang sempat saya telpon langsung Petaninya. Mudah2an Semangat bertani ini selalu ada di Kabupaten Tebo.

Ayoo konsumsi beras sendiri dengan senang hati.

6 Jan 2018

Kaleng Susu Bekas di buang Sayang

Contoh kaleng yang sudah di cat

Akhir pekan adalah waktu yang pas untuk bersantai bagi para karyawan swasta dan Pegawai Negeri yang sudah full kerja selama lebih kurang 5-6 Hari, ada yang ngumpul bareng keluarga, ada yang tetap melakukan aktivitas kerja sambilan, seseran atau tambahan, ada yang aktif ikut pengajian, ada pula yang jalan-jalan, bahkan tidur saja sebagai pengganti kelelahan. Berbagai macam aktivitas mengisi akhir pekan. Ingaaat ya setelah hari minggu itu adalah Senin, yess I Like Monday, hehehe.

Ceritanya kali ini saya isi akhir pekan dengan menuliskan kreasi yang sudah saya lakukan 1 tahun yang lalu di 2017, haha masih hitungan minggu kok, karena saya lakukan itu di bulan Desember. Yess saya mencoba memanfaatkan Kaleng Susu Bekas, dari pada dibuang saja, kan sayang.

Berawal dari gak adanya nomor Meja di Warung Wong 'Ndeso, dan gak ada Asbak Rokoknya, maklum saya dan teman saya sama2 Pria  Tanpa Rokok, inilah Pria Idaman Wanita, haha. Banyaknya Anak nongkrong di Warung yang rata-rata perokok, muncullah ide memanfaatkan Kaleng bekas susu sebagai Asbak nya, sekaligus saya buatkan Nomor di Asbak tersebut, jeng jeng jeng..... ide muncul langsung eksekusi, buat kawan2 yang mau membuat asbak dari kaleng bekas susu ini dipersilakan praktek langsung, murah meriah.

Kaleng bekas

Setelah dikupas

Proses pengecetan

Beberapa peralatan yg harus ada :
1. Kaleng susu bekas
2. Pisau /pembuka kaleng
3. Cat semprot
4. Karton baru atau karton bekas juga bisa
5. Pensil/pena
6. Gunting
7. Palu

Cukup 6 itu saja untuk berkreasi, caranya sangat gampang :

Pastikan kaleng bekas susu sudah di buka bagian atasnya menggunakan pisau/pembuka kaleng, cuci bersih, pukul bagian dalam kaleng agar tidak melukai tangan, keringkan, semprotkan cat berwarna hitam terlebih dahulu, atau gunakan warna cat sesuai selera anda, tulis menggunakan pensil atau pena di atas karton, no untuk meja atau bisa juga gambar sesuai selera, salah satunya saya juga gambar siluet Vespa, pastikan kaleng yg sudah full di cat warna hitam tadi kering, bolongkan motif angka /gambar menggunakan gunting, jika sudah bolong, dekatkan/tempelkan ke kaleng, semprotkan cat warna putih, dan selesai, keringkan beberapa menit lalu hidangkan bersama segelas Kopi, Selamat menikmati. Haha bercanda kawan, kaleng bekas susu siap digunakan. Bahkan untuk menghemat, tanpa di cat juga bisa, namun cat tersebutlah sebagai keindahan pandangan mata. :-)

Selamat mencoba. Selain kreasi ini, kaleng susu bekas masih bisa untuk kreasi lainnya, terus kembangkan ya kawan2. Kabarin saya jika ada kreasi lainnya. Piss

3 Jan 2018

Danau Sigombak lagi

Selamat Pagi Danau Sigombak

Akhir Tahun 2017 banyak cerita seru yang mengesankan, salah satunya kebersamaan kita saat camping di Danau Sigombak, salah satu tempat wisata di Kabupaten Tebo.
Ternyata sudah banyak mengalami perubahan, meski masih banyak keramba di Danau tsb. Acara seru2an kita terjadi setelah obrolan santai bersama Anak Mudo Pantang Kendor, selain buat have fun, tentu juga mensupport Agar Danau Sigombak dapat menjadi salah satu tujuan wisata di kabupaten Tebo yg dapat mengasikkan.

Beberapa fasilitas penting yg harus ada namun belum ada adalah WC, fasilitas yg sudah ada : ada 1 panggung parmanen, beberapa pondok, dan sepertinya beberapa tempat untuk jualan yang belum digunakan, perahu bebek yang sdh terdampar di atas, mungkin sudah bocor, mudah2an fasilitas2 tersebut dapat menjadi perhatian instansi terkait, dan tentu dukungan dari perangkat Desa setempat dan juga Masyarakat setempat agar Danau Sigombak bukan lagi Danau biasa yang banyak keramba namun jadi tujuan Wisata yang menyenangkan, mengingat akses masuk Danau ini sangat dekat ke pinggir jalan padang lamo, sepeda motor dan mobil bisa langsung sampai ke pinggir Danau.

Selain itu, penambahan wahana bermain dapat pula ditambahkan disana, seperti outbound, gokart, dll. Pemuda pemudi setempat juga bisa mungkin menjadi Badut untuk menghibur tamu dan tentu mendapatkan Uang tanpa menggangu pengunjung dengan cara memalak, namun menghibur. Aaah ini sebuah mimpi dari kami Anak Mudo Pantang Kendor, Semoga Terwujud deh, Terima kasih kawan2 Pemuda Desa Jambu Kec. Tebo Ulu yabg sudah menerima kedatangan kami, manggang ikan dan jangung bersama, Kopi bareng, Tetap Semangaaat!!

Berikut foto2 keseruan kita :










1 Jan 2018

Jadi Pemimpin Tanpa Kampanye

Bayar oiii

Apa kabarnya  Kawan2 semua? Semoga bisa bayar Hutang semua ya. 2017 telah berlalu, hari awal ini 1 Januari 2018, bagaimana kondisi cuaca di Daerah teman2? Di Muara Tebo sedang Hujan nih, adem nya cuaca sampe kedinginan, enaknya tidur kali ya.

Lihat meme diatas gak ada nyambung nya sama Judul tulisan ini y? Tapi tunggu dulu, ini soal utang, gak cuma hutang uang, seorang pemimpin juga bisa punya hutang, misalnya hutang janji disaat Kampanye sebelum menjabat. Semoga ya pada ditepati. Semangaaaat!

Pernah kepikiran bagaimana ya jika menjadi seorang pemimpin itu tanpa Kampanye, asik kek ny, kualitas pemimpin yg benar2 pantas dan malu jika gk sanggup buat jd pemimpin, gak pakek pencalonan melalui parpol gitu, ada gk sih? Ada dong ya, itulah dia seorang Imam Masjid, dipilih karena pantas, dipilih tanpa parpol, tanpa kampanye.

2017, beberapa kali saya pergi bersama teman naik si dixi melakukan perjalanan antar kota antar propinsi, beberapa kali tiap waktu sholat kami singgah di Masjid, saat jadi makmum berasa banget indahnya kebersamaan, dipimpin sama Imam yg tanpa kampanye, serentak mengikuti dia, ooh begini toh pemerintahan itu di ajarkan di dalam Masjid. Jika Imam salah dalam gerakan dan bacaan, Makmum bisa memberikan semacam sanggahan/saran jika dalam dunian pemerintahan melalui ucapan yg telah di ajarkan dalam Ajaran Islam. Dan menunjukkan kesalahan itu untuk diperbaiki.

Begitulah cerita singkat di awal Tahun ini, ide lama yg baru tertuliskan, akhir kata : woi yg masih punya hutang Bayar dong aaah, ditunggu.

Berikut sedikit foto kenangan 2017 waktu perjalanan dengan si dixi :





Semoga para pemimpin dapat mengemban amanat rakyat, bertugas dengan tanggung jawab dan tegas tanpa tebang pilih, bukan politik balas dendam. Selamat bertugas!