Inspirasi Pagi dari Warga Tebo, Long life Pak Suyitno,


Long life pak Suyitno
Pagi ini ngobrol santai bersama  salah satu warga Kecamatan Tebo tengah yang mungkin sebagian besar orang di Muara Tebo mengenal beliau.

Seorang pria bernama Lengkap Suyitno, berumur 54 Tahun, mempunyai 2 Anak, Satu laki-laki duduk dbangku SMA dan anak kedua perempuan duduk di bangku SMP.

 Celana puntung, baju kaos dan Sepeda Tua legend adalah tunggangan keseharian beliau, dengan satu buah cangkul dan kikir pengasah mata cangkul selalu setia menjadi senjata beliau di dalam mencari nafkah, baik menggali got, menggali saptitank maupun membersihkan halaman rumah, sebuah kerja keras mengandalkan otot, namun dia tetap semangaat. Segelas Kopi Hitam tadi pagi saya buatkan untuk beliau, suguhan air putih dan Beberapa gorengan dan kue juga hadir bagian dari cemilan menemani obrolan kita berdua.

Banyak cerita yang beliau sampaikan, baik itu tentang jodoh, tentang politik dan sifat orang-orang di Muara Tebo yang beliau pernah bercengkrama dalam dunia kerja.

Di saat siang di sela waktu istirahat beliau yang hari ini kerja di rumah, saya suguhkan satu nasi bungkus, namun beliau menolak dengan logat santai yang tulus, katanya saya ni makan tadi pagi sudah, kalo banyak makan malah lemas mau kerja, kan sudah makan kue jg, sama lah tu sama nasi. Saya coba sedikit memaksa, namun beliau tetap dengan keputusan nya, bisa jadi itu lah bagian dari kebiasaan sehari-hari beliau. Harus di hormati.

Dan akhirnya karena ada kerjaan lain, saya terpaksa meninggalkan beliau yang meneruskan kerjaannya yang masih belum selesai, saya pamit pergi, dan berpesan, nanti kalo sudah, letakkan saja piring, gelas dan ceret di teras rumah.

Dari beliau saya belajar arti sebuah pelajaran hidup yang keras, dan juga cara menghargai perasaan orang dalam menjaga lidah yang berucap, Maafkan Kami Ya Allah jika masih kilav dalam bertutur. Terima kasih Pak Suyitno alias Long, begitulah panggilan akrab beliau, dari mu berikan pelajaran pagi ini.

Buat kawan2 di Muara Tebo yang mau menggunakan Jasa beliau, silakan temui beliau, sering nya di daerah pasar. Sukses ya pak.
Terima ksih wejangan wejangan singkat dari mu hari ini yang cukup aku simpan dalam hati buat bekal hidup ini.


Post a Comment

0 Comments