Pendidikan Tak Hanya Tentang Perjuangan Tapi Juga Soal Kesabaran

www.adhisawank.com


Hari ini Kamis, 2 Mei 2024 merupakan hari Pendidikan Nasional.

Tiba-tiba muncul dua kalimat dari dalam pikiran, yang pertama "Pendidikan Bukan Sekedar Ilmu tapi juga Adab". Kemudian kalimat kedua "Pendidikan Tak Hanya Tentang Perjuangan Tapi Juga Soal Kesabaran".

Rasanya kedua kalimat ini relevan dijaman ini, dimana begitu banyak peristiwa memilukan terjadi, baik dalam Dunia pendidikan itu sendiri, maupun diluar.

Sebut saja, peristiwa kekerasan di dunia sekolah, bully, kasus pelecahan seksual, hingga kasus terjadinya korban berujung maut.

Guru dan murid yang tak lagi punya kesabaran, orang tua yang selalu mengedepankan emosi.

Ironis, dimana seharusnya dunia pendidikan dapat mencegah terjadinya hal demikian.

Sekolahan semakin banyak dibangun hingga pelosok negeri, banyak biaya dikucurkan. Tapi apa yang terjadi?

Banyak orang-orang pintar, ilmu tinggi, kemudian terlibat kasus korupsi, manipulasi, dan melakukan berbagai kejahatan lainnya.

Sudah selayaknya Dunia Pendidikan ini tidak sekedar menitik beratkan ilmu, tapi juga Adab, sehingga melahirkan generasi yang tak sekedar berilmu namun juga beradab.

Rasanya butir Dasar Negara  yang berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" sulit tercipta jika kita lengah terhadap Adab.

Semua harus bergerak bersama, sesuai dengan tema hari pendidikan Tahun 2024 ini "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

Semua butuh perjuangan, dan juga pengorbanan, tak hanya fisik yang lelah, tapi juga hati dan perasaan yang bisa jadi lelah. 

Semoga Hari Pendidikan bukan hanya seremoni peringatan belaka, lebih dari itu, harus menyelesaikan banyak PR di dunia pendidikan ini.

Berilah perhatian serius dan lebih, tak sekedar ilmu tapi juga Adab.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Selamat Berjuang dengan penuh rasa sabar.

Panjang umur Kebaikan.


Piss

Post a Comment

0 Comments