Cegah virus lewat flash disk

Penyebaran Virus kebanyakan terjadi lewat flash disk yang kita colokan ke computer yang telah terinfeksi virus. Kita bisa mencegah penyebaran virus tersebut agar flash disk kita tidak terinfeksi oleh virus. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan antivirus portable(tidak perlu di install) yang telah kita simpan terlebih dahulu didalam flash disk kita. Misalnya antivirus PC media, ansav, AntivirX dan Clamwin. Supaya flash disk kita dapat menjalankan antivirus tersebut secara otomatis ketika flas disk dicolokkan maka kita perlu membuat sebuah file yang jalan otomatis, Caranya ketikan perintah dibawah ini pada notepad :

[autorun]
Open=antivirus.exe
Action= basmi virus kecuali virus pelounre

Kemudian save perintah tersebut kedalam flash disk anda dengan nama autorun.inf jangan lupa ubah save as type menjadi All files

Keterangan :
  • Open : Perintah untuk menjalankan antivirus. Jadi ganti "open=antivirus.exe" dengan antivirus portable yang kita gunakan, misalnya "open=ansav.exe" jika antivirus kita berada didalam folder maka perintah harus diubah, misalnya "adhi\ansav.exe". adhi adalah nama folder dan ansav.exe antivirus nya.
  • Action : Perintah untuk menampilkan kalimat pada saat antivirus akan dijalankan, kalimat tersebut bisa diubah sesuai keinginan kita.


Sekarang anda dapat mencoba flash disk yang telah anda isi dengan antivirus portable tersebut :

  • Colokkan flash disk seperti bisanya ke computer tetapi jangan membuka flash disk
    Jalankan fungsi otomatis dengan mengklik tombol ok pada kotak dialog yang muncul
  • Scan virus pada computer
  • Tunggu sampai selesai


Memang tidak membutuhkan waktu yang sedikit untuk scan computer apalagi jika file yang tersimpan dalam computer anda sangat banyak. Jadi sabar aja yah menunggu hasil scan nya. Anda dapat mendownload antivirus portable lewat internet, misalnya untuk Clamwin di : http:\\www.clamwin.com, Selamat mencoba!

Post a comment

0 Comments