Silaturahmi Serba Salah


Setelah vakum beberapa hari nulis, Mengawali tulisan terbaru saya ini silakan dibaca terlebih dahulu Meme di atas, semoga kita selalu mensyukuri nikmat kehidupan ini, Alhamdulillah semoga termasuk orang-orang yg bersyukur.

yuk kita baca basmallah dlu biar pada adem nih hati buat melangkah :




Gak usah bingung dengan Judul tulisan saya kali ini, bercerita tentang keresahan hati yg makin genting saya rasakan, bisa jadi kalian juga merasakan hal yg sama, sengaja saya kasih judul "SILATURAHMI  SERBA SALAH" dengan tema ini saya berharap ke depan  yang nama nya silaturahmi itu berjalan dengan tulus dan menuju baik.

sering kali kita cuma bisa nyebut aja tanpa tau arti dari yg kita sebut, kali ini saya menyebutkan silaturahmi, jadi saya coba jelaskan kepada pembaca setia www.adhisawank.com bahwa makna bahasa silaturahmi itu sebagai berikut :

Silaturahmi (shilah ar-rahim dibentuk dari kata shilah dan ar-rahim. Kata shilah berasal dari washala-yashilu-wasl(an)wa shilat(an), artinya adalah hubungan. Adapun ar-rahim atau ar-rahm, jamaknya arhâm, yakni rahim atau kerabat. Asalnya dari ar-rahmah (kasih sayang); ia digunakan untuk menyebut rahim atau kerabat karena orang-orang saling berkasih sayang, karena hubungan rahim atau kekerabatan itu. Di dalam al-Quran, kata al-arhâm terdapat dalam tujuh ayat, semuanya bermakna rahim atau kerabat.

Dengan demikian, secara bahasa shilah ar-rahim (silaturahmi) artinya adalah hubungan kekerabatan.

Jelas ya, jika kurang jelas bisa di ulang kembali untuk membacanya,  Sayang silaturahmi ni acap kali hanya getol alias padat alias banjir alias rame, saat momen tertentu saja, saat Hari Raya Idul Fitri, saat ada resepsi nikah sampai lah pada hari H nya yg sering digelar dan disebut dengan Hari pengantin, saat ada kematian, sadis ternyata, apa nunggu meninggal dulu baru kita nangis dan meminta maaf dan baru sadar arti penting Silaturahmi?

Musim Pilkada nih sering kali saya melihat bahwa silaturahmi sering kali terputus bahkan pecah dalam sekejap gara-gara beda pilihan, sayang sih, namun bisa jadi ini bagian dari proses belajar Demokrasi, atmosfer perbedaan ini sering saya temui langsung, baik sesama teman-teman di komunitas Slanker's maupun yang dekat-dekat, kali ini saya lebih  mengambil contoh yang dekat-dekat dulu lah, berhubung paman saya sedang mejadi calon Wakil Bupati Tebo periode 2017-2012, maju sebagai calon di pilkada serentak tepat tgl 15/2/2017 bersama bang Hamdi.

Bercerita tentang Paman sendiri yang bisa maju sebagai calon Wabup, tentu ada rasa bangga, keponakan mana yang gak bangga coba? mungkin bangga saya disini melihat kisah perjalanan beliau yg cukup Bejo kata orang jawa.

Sebelum menjadi calon wabup, beliau seorang PNS, punya banyak pengalaman di birokrasi, terakhir sebelum harus pensiun (karena syarat jadi calon harus pensiun) beliau menjabat sebagai Plt. Sekda di Kabupaten Tebo.

Bejo nya beliau bukan semata-mata tanpa perjuangan dan Do'a serta silaturahmi beliau kepada Ibundanya alias Mak, dalam hal ini Nyai (nenek) saya tersayank.

Senin 6/2/2017 saya mengantar Nyai ke Dusun dengan mengendarai corolla dx Tahun 1982, asik diperjalanan saya coba menjadi seorang presenter yang sedang mewawancarai seorang Publik figur,

saya : Selamat sore Nek, apakah nenek benar Ibundanya Bpk. Harmain yg sedang menjadi Calon Wabup Kab. Tebo Periode 2017-2022?

Nyai : oh, Benar, ada apa ya nak?

Saya : saya ingin Tahu Nek, bagaimana sih kok bisa beliau jadi calon Wabup? karena berdasarkan Survei bahwa beliau itu tergolong orang yang tak punya, hmm, kok bisa sih Nek?

Nyai : begini nak, saya akan ceritakan dengan lantang, tolong divideokan ya wawancara kita sore ini, nih nenek juga sedang live di facebook dan update status BBM nenek "Kalo Mau Perubahan Ingat Coblos Nomor SATU, Menuju Tebo BINTANG" hmm boleh kah nenek minta nomor WA dan Pin BBM kamu nak?

Saya : Tentu, dengan senang hati nek, ni WA saya 0852 6636 2827 PIN BBM saya 529AFCF4, jika nenek mau terbang kemana saja, saya jualan Tiket Pesawat loh nek, jualan Kaos Afrakids juga ( Kaos Anak Islam) , dan jualan lainnya, yang penting gak jual Harga diri nek.

Nyai : aah, gile bener lu, cakep abis, kalo nenek punya cucu, kamu nenek jodohin. masih jomblo kan?

Saya : haha, aah nenek bisa aja, bismillah nek, Mohon Do'a nya agar bisnis saya lancar, Berkah, dan Jodoh lekas bertemu, Aamiin.


Ya Allah Gaul banget nih Nyai Saya, haha .
Iri kan kalian dengan nenek saya.
kita lanjutin ya.....
haha

Udah ya becanda nya segini dulu, sebenarnya kejadian diatas ilustrasi obrolan saya dengan Nyai, kami ngobrol santai kok dengan bahasa Dusun kami lah, tentang kisah kisah lama, perjalanan hidup Nyai yg berstatus sebagai seorang Janda, Sawah adalah tempat Nyai bekerja untuk mencari Makan, Nyai itu perempuan Tangguh yang gak mau diam, selalu bersegera dalam banyak hal.

Bahkan sampai sekarang itu mau nya nolong aja, seperti nyuci piring lah, padahal udah berkali-kali dibilangin sama anak nya gak usah lagi bekerja, aktif dari muda ya gimana lagi, kebawa-bawa kali ya. 

Balik lagi ke cerita masa kecil  anak-anak Nyai yang ditinggal Ayah, kali ini saya coba ringkas ke cerita Pakdo saya (bahasa panggilan saya ke Bpk Harmain), Nyai bilang Pakdo itu ditinggal Datuk saat umur 4 Tahun, kemudian banyak cerita menyedihkan yang Nyai utarakan, perjuangan sehingga Pakdo bisa sekolah tentu banyak pertolongan dari berbagai Pihak, siapakah pihak2 itu? gak usah disebut satu-satu, kita harus sebutin Satu saja yang menolong, dialah Allah SWT, Maha  segala gala nya, Zat yg menolong Hamba Nya, ingat ya "Jangan Menyerah!!! Syukuri Vespa yg ada, Corolla adalah Anugerah, Bagi HambaNya yg Sabar dan tak kenal Putus Asa".

Panjang cerita kalo mau di tulis disini, kemudian Nyai mulai pusing, aah jd merasa bersalah, jangan-jangan gara-gara naek mobil cucu nya yang hanya Sebuah Mobil Tua ini, Aman Nyai, semoga esok Mobil cucu Nyai ini bisa lebih nyaman, dari pada ini, haha, bisa beli lamborgini kali ya, atau malah punya showroom sendiri, tiap hari ganti mobil, Aamiin. 

Tenang karena biar tua ni bangku masih bisa di stel, akhirnya saya berhenti dan stel kursi agar nyai bisa lebih baring, dengan bantal yang ada nyai baring, saya suruh tidur aja. kemudian lagu Rock lah yang menemani saya sampai ke Dusun, agar gak ganggu nyai, saya gunakan headset saja.

sebuah perjalanan pemberi semangat akan kehidupan dari Nyai, meskipun saat ditanya ke Nyai Tahun berapa Nyai ditinggal datuk? Nyai sendiri gak tau,haha.  maklum Nyai gak berlatar belakang Sekolah formal, Bisa nya Ngaji aja dah, Matanya masih jelas saja buat Baca Al-Qur'an. Sehat trus nyai menuju Sorga. Aamiin.


Balik ke cerita Pilkada di Kabupaten Tebo, makin dekat sepertinya makin memanas, atau gara-gara cuaca beberapa pekan terakhir emang panas? minum dulu yuk biar segeran. haha. bersyukur ini beberapa hari terakhir Hujan mulai turun, semoga temperatur emosi kita juga ikut turun, Mari sukseskan Pilkada dengan Damai.

Prihatin saya lebih kepada beberapa saudara yang berbeda pilihan dengan saudaranya sendiri, entah karena visi misi atau hanya sebatas kepentingan pribadi, entah karena faktor sakit hati atau memang udah gak sejalan lagi? tenang, suuzon berlebihan gak baik juga, dikit saja ya, jika kepentingan nya sebatas pribadi, sebatas takut gak dapat duit lagi, miris kali lah. semoga hal itu gak benar, jika Benar, yakin lah Allah SWT akan membukakan pikiran, hati mereka, Aamiin.

Sekarang mungkin kita dapat melihat dimana orang-orang yang tulus dan dimana orang-orang yang modus. baik itu saudara kita baik itu sahabat kita.

Saat masa perjuangan inilah kita dapat melihat mereka, kalau sudah masa Menang, oh gak usah heran banyak penjilat datang, banyak yg mengaku keluarga, mengaku sahabat, banyak yg bilang "ini  karena aku, ini karena kami, ini dan ini... silakan ditambahkan".

Mengapa sih Hamdi-Harmain yang sama-sama berlatar belakang PNS ini mau berhenti jadi PNS dan maju di Pilkada ini? mereka tentu punya alasan tersendiri, jika mau tau, wawancarailah sendiri. 

Saya sebagai ponakan sedikit tau bahwa sebelum di tetapkannya Paslon Cabup dan Cawabup Kab. Tebo, banyak spanduk dipasang orang-orang yang ingin jadi Bupati Tebo, Pakdo saya ini malah gak ada, suatu kejutan yang terjadi,  bisa jadi nih orang memang Bejo, positif thinking deh, saya yakin ada nilai-nilai yang ada pada Pakdo sehingga dipinang jadi Cawabup oleh bang Hamdi, begitu juga dengan bang Hamdi, yg berjuang mau jadi Calon dengan saingan calon-calon lain, kemudian beberapa Partai mengusung Mereka berdua. aduuh ini jadi ngomongin politik, ngeri saya kalo udah bicara politik, karena saya lebih asikan  nyanyi Fuckin Politik miliknya Slank, haha.

Semoga deh mereka ini jika jadi nanti dapat mengemban tugas dengan baik, bijaksana, harmonis, berdiri tegak dan tegas, seperti tulisan dispanduk mereka "Membawa Perubahan yang Nyata Adil dan Merata"
jika nyatanya nanti blm terpilih, bisa jadi itu jalan dari Allah SWT yg lebih baik. terus berjuang.

sedikit lirik lagu slank buat kalian yg bejudul Ngerock :

Tangkap para Koruptor 
Penjarakan Mereka
Kalo perlu di DOOR
Jangan di bela bela
untuk Aparat dimana mana dari Sabang sampai Marauke
Jangan Berhenti tetap Ngerock!!!

kalo mau versi lengkapnya hubungi saya, haha.

Berhubung Pakdo lagi nyalon Wabup, saya suka  merasa serba salah mau nongkrong di komunitas Vespa, komunitas Slanker, mau nongkrong di Dusun, mau ramah sama orang, mau tiba-tiba tegur sapa, karena saya selalu berusaha gak mau yang dbikin-bikin, ngalir begitu saja dan ramah apa adanya, kalo sempat ya nongkrong kalo gak ya aktivitas lain, sering kali juga rusak silaturahmi saat musim-musim pilkada, saya meyakini teman-teman yang mau bantu akan ada, mereka akan menunjukan di bilik suara nanti, meskipun ada juga yang terang-terngaan bilang sendiri ke saya, saya berupaya kepada teman-teman agar tetap menjaga silaturahmi ini, jika kalian ada kepentingan, urus sana, terus lah berusaha apa adanya, asikan juga ngopi, ingat kan kalo Pemilu itu bersifat Rahasia, sepakat ayo, gak sepakat hormati.

Dan selalu berusaha jadi diri sendiri tanpa merengek rengek, belajar Mandiri sajalah, Damaikan hati, damaikan pikiran, jadi ingat saya foto berdua dengan Mantan bupati Tebo saat itu yang sekarang juga mencalonkan kembali di nomor urut 2 (dua) , saya juga bangga saat itu di ajak foto bareng di sawah yang saat itu sedang ada Acara Panen Raya, karena kerja nya di Dinas terkait, beliau dengan bercanda bilang "Cagub dan Cawagub Jambi" hah kebetulan saat itu lagi mau pilkada pemilihan Gubernur jambi,  Kemeja kita gak Janjian loh bisa hampir mirip, meski mungkin beda di Harga doang, mahalan Kemeja saya itu dari pada kemeja saya yg satu lagi, haha, gak usah serius amat.

saya yakin sampai saat ini beliau gak tau foto sama siapa, bahkan mungkin beliau udah lupa akan kejadian itu, saya sih masih ingat, dan sedikitpun saya gak bawa-bawa nama Pakdo saya, santai saja, sehingga senyum kita juga apa adanya, tetap NGEROCK!! pak jika bapak yang menang. berikut foto kita saat itu.


"ado pADI segalo Menjadi"

yang Ribut ini siapa saat Pemilu?
antar Timses, antar penduduk, antar teman, antar tetangga, antar  sahabat, adu argumen, bahkan adu fisik, gak teguran lagi, ini gara-gara siapa? gara-gara cabup dan cawabup gak sih?

gak usah cari gara-gara la ah, tanya ke hati sendiri, loe dukung tuh paslon gara gara apa?

jawab dan jabarkan,
jika jawaban anda adalah terdapat karena 'sebatas kepentingan' aah miris kali lah, siapa aja yang jadi nanti, Tentu Kacau lah yg terjadi, kadang saya malah berfikiran dan bermimpi "kapan ya pemimpin ini dipilih seperti memilih Imam di Masjid?" gak ada parpol, gak ada timses, jika kriterianya masuk, gak perlu adu fisik, itu gak pakek kampanye, Makmum noh nunjuk langsung, karena kriteria di anggap pantas, sayang banyak yang sebenarnya gak pantas mimpin malah mau memimpin,
just dream, but i like it.

selamat berkarya untuk kabupaten Tebo tercinta.

Berikut foto yang saya Dokumentasikan saat Pakdo pulang dari Debat Kandidat,
Ayah, Datuk do (dulur Nyai), Nyai, Pakdo, Ibuk (Istri) , Mak Tersayank (mak agak manyun gara-gara capek, atau gara-gara belum dikasih mantu sama anak nya ini) haha

berikut foto nya :




Sekian cerita dari saya, seputar Pilkada Tebo, sukseskan!! Tentukan Pilihan Anda, dan datang ke TPS dengan Damai.

Terus berkarya dimana aja berada, Semoga kelak yg Terpilih dapat menjaga Persatuan dan Silaturahmi nya.
beberapa Meme dibawah ini saya berikan sebagai motivasi kita bersama :





Khusus Kaos Anak yg bertemakan Islami itu adalah produk Afrakids yg saya jual

Sekian dan Terima Order

Post a Comment

1 Comments