Sejarah Linux


Dunia Internet Benar - benar memberikan kemudahan kepada siapapun yang ingin belajar, hampir segala aspek disediakan di internet, sering disebut dunia maya, padahal maya nya didunia nyata, hehehehe just kidding ma man. langsung aja deh gak usah basa - basi, pernah dengar kata - kata sejarah kan? bukan senyum jangan marah lo.. tapi bisa dibilang asal atau awal mula terbentuknya sesuatu. terkadang belajar sejarah itu membosankan, nih pengalaman waktu sekolah dulu, tetapi sejarah itu tidak bisa lepas dari aspek kehidupan. Nah jika kita tahu sejarahnya mungkin kita jadi punya keinginan lebih untuk mengenalnya, saya newbie nih dengan dunia open source yang satu ini. dialah Linux. biasa lengket dengan gambar pinguin, hehehe.. apaan tuh linux?? nah mari kita simak sejarah nya berikut ini :

Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer. Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan bagi merujuk kepada keseluruhan edaran Linux (Linux distribution), yang selalunya disertakan program-program lain selain Sistem Pengoperasian. Contoh-contoh program adalah seperti Server Web, Bahasa Pengaturcaraan, Basis Data, Persekitaran Desktop (Desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan suite kantor (office suite) seperti OpenOffice.org. Edaran-edaran Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi kepopuleran, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang propritari (proprietary) dan mula menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa kasus.

Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang bebas dan dapat sunting. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX direka untuk mudah dan bukannya untuk kegunaan perniagaan.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.


sumber : dimassudewo

Post a comment

1 Comments