5 Macam Hukuman Gak Penting Jaman Sekolah


sumber foto : Internet

Ngomongin Jaman sekolah, semua orang mengingat kenangannya terlalu dalam, sampai ada yang baper (baca : bawa perasaan), katanya tentang cinta, sampai-sampai bernyanyi tentang 'Kisah Kasih di Sekolah', Tiada masa paling Indah kata mereka. Hehe lalu bagaimana yang tak pernah merasakan Cinta di Sekolah antar lawan jenisnya? Hanya cinta sesama Manusia saja. Misalkan Anak-anak semasa sekolah tinggal di Asrama. Sudah dulu ngomongin cintanya, kita coba ingat Beberapa Jenis Hukuman di Jaman Sekolah dulu, kita kerucutkan ke Masa Putih Abu-abu deh, sekalipun sejak Jaman Putih merah sudah ada jenis-jenis hukuman legenda.


Hari ini saya coba kembali mengingat beberapa Jenis Hukuman saat-saat itu, setidaknya ada 6 (Enam) Jenis atau Macam Hukuman Jaman Sekolah, berikut 6 Macam tersebut :

1. Hormat Bendera

Kapan hukuman ini diberikan? Lebih sering sepertinya diberikan untuk mereka yang tidak mengikuti UPB (Upacara Pengibaran Bendera) khusus hari senin, tidak semata hari senin saja, hari lain pernah juga di alami oleh para murid, balik lagi kebijakan sang guru. Gak penting kan Hukuman ini? Memangnya akan merubah mereka jadi ikut Upacara dihari lainnya? Malah ada yang jadi langganan Hukuman ini, bisa jadi dia sedang baca tulisan ini. Hehe.

2. Jalan Jongkok

Buat mereka yang datang telat, suka diberikan hukuman jalan jongkok, seberapa ngefek dihari esok mereka akan datang lebih cepat? Dalam pikiran mereka, aaah palingan besok kalau telat hukumannya Jalan Jongkok. Gak penting kan?

3. Lari Keliling Lapangan 3 s/d 5 putaran

Hukuman jenis ini, bisa diberikan untuk yang suka minggat Jam pelajaran, bolos sekolah, atau suka lari ke kantin saat jam pelajaran. Hukuman jenis ini tidak mengikat, bisa diberikan atas kesalahan lainnya, tergantung kebijakan Guru, Apa pentingnya coba?  Melatih otot kaki kali ya, biar loncat pagar atau lari buat bolos makin kuat. Atau Jangan-jangan persiapan menjadi Atlit? Haha

4. Membersihkan Sampah

Rata-rata setiap sekolahan muridnya pernah kena hukuman ini, kalau gak pernah, berarti sampah di Sekolahan kalian telah bersih lebih awal. Untuk hukuman ini, tidak jarang diberikan kepada mereka yang datang terlambat, suka bolos, atau kesalahan lainnya. Penting gak? Penting juga sih, sampah jadi bersih, kebersihan sebagian dari iman kan? Namun ini menjadi gak penting, untuk sekolahan yang sudah bayar pekerja untuk membersihkan Sekolahan. Atau memang tidak ada Petugas kebersihannya? Udah deh, minimal amal lah ya, bagi yang ikhlas. Hehe

5. Merokok sekali banyak

Nah pastinya udah tau, ini hukuman buat yang ketahuan merokok, ada yang sekali isep 4 batang, mana gak boleh di pegang lagi tuh rokok, nikmat gak merokok sekali banyak? Pernah ada oknum Guru yang menjual rokok ke Murid ny? Atau malah satu isapan sama Guru? Kemudian malah mendapat Hukuman pedih ini? Penting gak sih?


Bisa jadi masih ada Macam-macam Hukuman lainnya yang bisa membuat nostalgia, masih adakah 5 Jenis Hukuman di atas diterapkan Jaman Now? Kangen juga jaman sekolah.

Penting atau tidak penting, minimal 5 Macam hukuman itu telah terekam oleh beberapa murid sampai menjadi cerita mereka di masa tua, turun ke Anak-anaknya, sehingga turunan itu tetap ada, kenakalan masa Sekolah tetap turun, adakah Inovasi Hukuman lebih Kreatif untuk diterapkan, sehingga memupuk kesadaran dan multi manfaat untuk masa depan? Bisa jadi ini PR buat para Guru.

Sekian dulu tulisan penting gak penting untuk dibaca, sebagai pembuka tulisan di Akhir Tahun 2018

Piss

Post a comment

0 Comments