Hari Ibu : berikut lagu untuk Ibu Versi Slank dan BIP



Doc. 2004
Slank - BIP, colaboration yang tertunda

Sebelum jauh mengulik lagu bertemakan ibu versi SLANK DAN BIP , ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sedikit sejarah tentang Hari ibu, ternyata tanggal 22 Desember di tetapkan sebagai Hari ibu itu di resmikan oleh Presiden  Soekarno dibawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal 22 dipilih untuk merayakan semangat Wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, Dikutip dari laman wikipedia.

Artinya peran seorang ibu sangatlah penting dan di apresiasi, kemudian dijadikan sebagai hari penting Nasional, di tiap Daerah melaksanakan Upacara peringatan, melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba masak, dll. Semua dilakukan atas nama Ibu.

Begitu pula selanjutnya berbagai musisi menciptakan karya dengan nada dan lirik melalui lagu, kalau kita mengulik lagu bertemakan ibu tentulah sangat banyak, Sebut saja sang legend Iwan Fals dengan lagu Ibu, Melly Goeslaw dengan Bunda, Sheila On 7 dengan Just For My Mom, Ungu dengan Do'a untuk Ibu. Saya yakin Lagu-lagu tersebut lahir dari penjiwaan terhadap ibu, lantas apakah seorang Rocker tidak menuliskan lagu bertemakan ibu? Bisa jadi kalian belum tahu.

Berikut 2 Lagu menurut Saya layak untuk Ibu Versi Slank dan BIP, komplit Video dan Liriknya : 

1. #1 - Slank

Lagu berjudul #1 merupakan salah satu deretan lagu dalam Album Virus,  tidak ada kata Ibu di dalam liriknya, Kata pengganti "Kamu" telah memberikan arti seorang Ibu, dimana Slank dengan lugas mengatakan bahwa "tanpa Kamu Aku bukan Apa-apa" lebih lengkap kalian bisa dengan dan baca liriknya, sebenarnya ungkapan untuk Ibu juga pernah dituangkan di Album sebelumnya, sebut saja "Bisikan Mama" album selanjutnya boleh jadi juga bercerita tentang ibu "Nggak ada 2 nya". Baiklah selanjutnya nikmati lagu berikut yang penug makna.


Video :




Lirik :

Apa Jadinya Aku Andai Kamu Gak Ada
Tanpa Kamu Aku Bukan Apa-Apa

Dan Aku Sangat Butuh
Dan Aku Sangat Ingin Slalu Kau Sentuh

Karena Kamu
Yang bisa menyelamatkan ku
Cuma kamu 
Yang Mampu mengendalikan Aku

Kamu aku kamu aku
Kamu aku satu

Apa artinya Dunia Bila kau tak senyum
Tanpa cintamu aku pasti mati


2. Mama Bilang - BIP

Berbeda dengan BIP, lagu berjudul "Mama Bilang" lebih bercerita tentang Nasehat seorang Ibu, ada pesan moral melalui nasehat-nasehat disampaikan versi BIP, seperti lirik awal  "
Mama bilang Jangan Suka Mabuk-mabukan" dan diakhir pesan "Setiap Mama Ingin anaknya Jadi Orang" . Untuk mendengarkan bisa kalian putar videonya dan rasakan getaran lirik Versi BIP tersebut. Sedikit nakal dalam lirik yang berisikan tidak sekedar Nasehat Ibu, juga ada bantahan dari Anaknya, seperti lirik "tapi mama inikan pergaulan" saat mendengarkan ini kita dibawa ke alam anak muda yang sedang ingin bela diri akan hal yang dilakukan, namun sesungguhnya sebuah nasehat ada dalam lagu tersebut.

Sekali lagi, Selamat menikmati lagunya di hari ibu ini.

Video :



Lirik :

Mama bilang Jangan Suka Mabuk-mabukan
Jangan sering keluyuran ke tempat hiburan malam
Itu nggak baik, itu nggak bagus
Mama Nggak Suka Karena itu Dosa

Tapi Mama ini kan pergaulan
Tapi mama cuman ikut-ikutan
Biar enggak ketinggalan jaman

Jangan cemarkan nama keluargamu
(Bapakmu itu orang yang dihormati lho)
Menganut paham pergaulan bebas
(Awas hamilin anak orang ya)

Tapi mama ini kan pergaulan
Tapi mama cuman ikut-ikutan
Buar engga ketinggalan jaman
Karna kini memangnya jaman edan

Karena memang setiap mama
Inginkan anaknya nanti jadi orang

Sekian 2 lagu special ala 2 Band fenomenal di Indonesia, sembari bermimpi, akan kah 2 Band ini dapat kembali satu panggung, seperti rencana mereka yang pernah ada di Tahun 2004 silam. Meski beberapa kali terlihat Pay dan Indra q pernah kembali berkolaborasi bersama Slank, namun satu lagi personil BIP mr. Bong alias jenderal Bongky,  Bassist BIP sekaligus pernah menjadi Gitaris dan Bassist dalam perjalanan Slank terdahulu. Saya melihat bahwa Idealisme yang kuat ada pada beliau, selebihnya hanya beliau yang paham betul serjarah perjalanan, satu hastag fenomenal dan selalu saya ingat melalui akun sosmednya yaitu #AntiDoktrin . Terus berkarya jenderal. Band Indonesia Paten, bahkan ada seloroh mengatakan Band Ilmu Pengetahuan. Haha apapun itu, kalian memang Fenomenal. Selamat Hari Ibu dah buat semua ibu-ibu kece milenial.  Kalau bagi saya setiap saat dalam nadi selalu mengalir Do'a dari Ibu. Alias Mak Tersayank.

Agama yang saya anut dalam hal ini ISLAM mengajarkan melalui Nabi Muhammad bahwa Nama ibu itu 3 kali disebut sebelum Ayah, ada pula lagu Islami mengatakan, Ibu derajatmu tiga tingkat dibanding Ayah.

That's All

Piss


Post a comment

0 Comments