CD ALBUM PRE - ORDER

maraknya Bajakan yang terjadi di Negara ini membuat penjualan Kaset dan CD karya musisi di Negara ini menurun, ini terlihat pula dari banyaknya Toko yang menjual Kaset dan CD Asli tutup, bahkan ada perusahaan yang tutup karena hal tersebut. memasuki era digital yang lebih mudah saat ini, banyaknya karya musisi yang dengan gampang di dapatkan melalui internet, tinggal download. disinilah kesetiaan penikmat musik di uji, masih mau membeli yang asli atau cukup dengan yang bajakan? karena dari segi kualitas tentu yang asli lebih bagus.

Banyak pula band-band yang pindah jalur mendistribusikan hasil karya mereka melalui kerja sama dengan oulet2 perusahaan, misalnya KFC, Indomaret, Texas Chiken, dll. Tentu perpindahan ini telah di pikirkan oleh para musisi tentang pro dan kontra yang akan terjadi pada fans mereka. efektifkah cara tersebut memerangi bajakan yang terjadi di negeri ini? atau hanya ingin tetap bertahan nya musisi dalam penjualan karya mereka?
i don't know ..................

kali ini saya tertarik dengan pendistribusian sistem Pre-Order, dimana para fans pesan dulu sebelum Album itu terbit, dengan cara mentransfer uang terlebih dahulu, sepertinya cara ini akan terlihat sejauh mana militannya para fans dalam memburu CD idola mereka, tidak cuma masalah kefanatikan yang terjadi dalam hal ini, lebih kepada menghargai sebuah karya yang dihasilkan oleh musisi.

ide kreatif ini pertama kali saya ikuti dan dilakukan oleh seni man alias musisi indie dari Bogor, dia adalah seorang solois yang berkonsep band, musisi tersebut bernama JONI KEMON, album ketiga yang berjudul Revolusioner tersebut melakukan sistem Pre-Order, setau saya hal ini pertama kali ada di Indonesia, kalau saya keliru tolong diralat saja, meskipun kemudian setelah peluncuran Album juga ditambah dengan penjualan kembali diluar yang Pre-Order, tercatat ada 88 Orang yang ikut serta dalam sistem Pre-Order tersebut, sebuah pencapaian yang dapat di ancungin jempol buat seorang musisi indie yang berkarya secara berdikar (berdiri di atas kaki sendiri) tepuk tangan dulu buat Joni Kemon. dan saya bangga ada idealisme di dalam membuka pikiran kita agar tetap menghargai karya musisi, memerangi bajakan yang ada walau kemudian bajakan tidak dapat di tepis, Album musisi indie ini pun beredar dalam format Mp3 bajakan yang di jual dipasaran.


kalo gak salah sih di Tahun 2014 BIP melalui Akun di Twitter mereka membuat gebrakan yang sama yaitu Pre-Order, dengan akun khusus saat itu @BIPNation , rencana Album tersebut diberi judul E=MC2, sudah lumayan lama ya sampai hari ini tgl 30 Januari 2016 Album tersebut belum juga beredar, saya saat itu langsung ikut serta support dan transfer uang untuk Album tersebut, ada berbagai macam pilihan saat itu, mohon maaf saya lupa pilihan paket nya apa saja, karena Website Bipnation itu sendiri sudah tidak lagi aktif, yang saya ingat saya ikut yang harga Rp. 150.000,- dapat apa saja saya lupa, namun gebrakan seperti ini harus di support, musisi harus memberikan spirit kepada pembeli album mereka karena pangsa pasarnya pun adalah para pendengar Karya mereka.

kabar gembiranya sih sudah mulai ada, melalui akun fb nya bang Indra Q yang memberikan informasi kalo Album tersebut sudah rampung rekaman dan mixing nya, semoga tidak lama lagi Album tersebut sampai kepada semua yang sudah Pre-Order.


Salut kepada kalian para musisi Smart dan Hebat. Terus berkarya.




Post a comment

0 Comments