Singgah dan Selfielah

Berbagai Jenis Handphone, Sumber : Internet


Handphone bukan sekedar sebagai sarana alat komunikasi telpon dan sms semata, dengan berkembangannya teknologi telah berubah fungsi yang sangat canggih, baik itu perkembangan berbagai aplikasi media sosial, maupun dengan fitur kamera yang makin hari makin bagus pula,  banyak jenis HP berinovasi saling berlomba memberikan kualitas foto yang benar-benar dapat dikatakan wow banget deh.

Hal ini tentu berdampak positif untuk pengguna HP dalam memanfaatkan HP nya sebagai alat Dokumentasi, baik pribadi, keluarga maupun lain sebagainya, termasuk saya dan saudara/i dimana saja berada telah memanfaatkan hal tersebut tanpa repot membawa Kamera khusus lagi.
Sehingga tak heran jika saat ini banyak pula dari pada Masyarakat di Indonesia, bisa jadi anak muda pada umumnya ke Masjid pun membawa HP, jeprat jepret di dalam masjid saat khatib sedang khutbah, jeprta jepret saat pengurus Masjid sedang memberikan sambutan, kaum hawa bisa jadi lebih dominan kenarsisannya menggunakan Kamera HP yang kita kenal istilah Selfie. Ada pula yg hanya sekedar foto2 di depan lokasi Masjid, sampai mendapatkan foto terbagus versinya maka tak lama setelah itu foto itu segera beredar di akun-akun sosmed milik meraka dengan berbagai status, misal "Sholat idul adha dulu" atau lebih narsis dengan kata-kata ala2 anak alay. Hehe

Di hari ini mungkin momentum Selfie di Masjid menjamur di akun-akun Sosmed, mulai dari mukena baru,baju baru atau menu makanan lebaran beredar juga di sosmed.

Untuk hal yang berkaitan dengan HP ini saya pernah mengalami dengan panggilan Autis, lebih condong tidak menghiraukan kiri kanan lagi jika telah megang HP, di ajak ngobrolpun udah gak nyambung, haha.
Apakah sampai sekarang saya sudah gak lagi pegang HP? Aaah tentu saja saya masih aktif pengguna HP smartphone yg aktif, namun sudah sangat jauh berubah, jika dahulu selalu membawa yang namanya Powerbank kemana-mana, sampai batre 5% tetap gunakan HP, sampai-sampai HP saya batrenya cepat rusak. Belajar dari pengalaman tersebut saya mencoba untuk matikan HP selalu saat charger,udah gak pakek Powerbank lagi. Bila momen2 ibadah juga selalu berusaha tidak membawa HP atau mematikan/silent dan tidak foto2 narsis di dalam Masjid. Mudah2an hal ini dapat terus dijalani kedepannya.

Nah untuk yang masih suka eksis bagaimana? Itu adalah bagian dari pilihan kita masing-masing,  kita bebas berekspesi, bisa jadi saya juga pernah selfie di depan Masjid bahkan di dalam Masjid, saya percaya jika niat kita sekedar kagum dengan megahnya Masjid tidaklah menjadikan hal yang sia-sia, namun jika niatnya lebih ke narsis atau agar orang2 tau kita telah beribadah, ini dapat menyebabkan kesia-siaan, balik lagi ke niat. Bahkan apabila isi kandungan yg disampaikan khatib, atau penyampaian dari Imam tak lagi di dengar karena lebih fokus ke HP kita, ini menjadi perbuatan kita yang sia-sia.

Kawan-kawan pernahkan liat tulisan di depan Masjid, apalagi Masjid yang dipinggir jalan, tulisan itu seperti ini "SINGGAH DAN SHOLATLAH" 
Kebayang gak sih jika Kalimat ajakan itu di ganti "SINGGAH DAN SELFIELAH"
Semoga Masjid-masjid pinggir Jalan Khususnya dapat tetap memasang himbauan tersebut, di Masjid lah tempat kita beribadah bersama, menjadikan tempat belajar dan silaturahmi antar sesama Umat Islam.

Akhir kata, Selamat Hari Raya Idul Adha, Semoga Rangkaian Ibadah Haji yang di jalankan Jamaah Haji dari Indonesia berjalan lancar, Khusuk dan menjadi Haji yang Mabrur, begitu pula kita yang belum.bs berangkat, diterima amal ibadah kita hari ini, Sama-sama berdo'a agar kita juga dapat menunaikan Rukun Islam yang ke-5 tersebut. Aamiin.

Piss 

Post a Comment

0 Comments