Buka Bersama Yuk


Sumber foto : Internet

Setiap masuk Bulan Ramadhan, ada sebuah agenda rutin Tahunan dilaksanakan oleh Orang-orang di Indonesia, baik Itu Instansi Pemerintah, Swasta, Komunitas.

Agenda rutin itu adalah BUKA BERSAMA, Sebuah kalimat ajakan kerap muncul adalah "Buka Bersama Yuk"

Ramadhan 1439 H Tahun 2018 ini, Apakah Anda sudah melaksanakan Buka bersama? Sudah berapa kalikah?

Pentingkah Buka bersama? Nampaknya bagi sebagian orang ini adalah penting, namun poin pentingnya menurut hemat saya terletak pada Momentum mempererat tali silaturahim. Ketika 11 bulan tidak bertegur sapa, 11  bulan tak jumpa, atau ada cek cok, bisa jadi agenda buka bersama menjadi wadah kembali eratnya jalinan silaturahim antar sesama Umat Muslim.

Secara Hukum Islam, Buka bersama bukanlah suatu kewajiban, apalagi sampai meninggalkan kewajiban kita, Terlena buka bersama sampai meninggalkan Sholat Magrib, Isya, Tarawih dan Witir. Meskipun Sholat Tarawih dan Witir hukumnya tidak wajib, namun adanya cuma di Bulan Ramadhan.

Tujuan dan niat kita melaksanakan Buka Bersama semoga selalu menebar berbagai kebaikan, bukan menjadi ajang pamer semata, memberikan santunan kepada Anak Yatim, Pondok pesantren, Panti Asuhan, demi terlihat populer dan ada maksud tertentu, mau mencalonkan diri menjadi Dewan misalnya, menjadi kepala daerah umpamanya, dll.

Semoga kita dijauhkan dari niat niat buruk tersebut, Aamiin.

Lucunya Buka bersama di Jaman Now, janjian menentukan jadwal melalui akun sosmed, rembuk dengan jangka waktu panjang penuh perdebatan, setelah jadwal disepakati, banyak yang hadir ketika sudah mau azan datang,  dilanjutkan buka bersama, usai buka pada sibuk megang HP masing-masing, ngobrol seadanya, atau bisa jadi obrolan cuma mengajak foto bersama, bubaran, kemudian posting foto di akun sosmed, caption nya "Indahnya kebersamaan"  haha cerita itu hanya fiktif belaka, jika terjadi kesamaan dengan Buka bersama kalian, mungkin hanyalah sebuah kebetulan.

Ingaaat, utamakanlah Orang Tua, kalau bisa berbuka bersama lah dengan kedua orang tua di awal waktu ramadhan, jika sudah bisa dilanjutkan dengan agenda-agenda buka bersama dengan yang lain, semoga tidak terbalik kita memposisikan Kedua Orang Tua kita.

Mumpung masih Ramadhan hari ke 15, separuh lagi menjelang Hari Raya idul fitri, ada lagikah ajakan Buka bersama?
Yuk aaah kita Buka bersama.

Piss

Post a comment

0 Comments