Biji Setahun lalu sudah tumbuh


Biji Tanaman KK, foto : internet

Jika anak manusia tumbuh dimulai dari kolaborasi 2 insan berbeda jenis kelamin, tanaman dapat tumbuh dari hasil potongan batang tanaman itu sendiri dan banyak yang berasal dari Biji.

Kalau udah ngomongin biji, sebagain kita sensitif banget, biji apa nih? Hehe
Jelas ini bukan biji Kopi lo yah.

Punya cerita setahun lalu perjalanan Tebo-Palembang (PP) bersama teman mengendarai Sedan Toyota Corolla DX 1982 berwarna merah.

Teman saya Joe mengisahkan tentang suatu tanaman bernama Ketapang Kencana, pada taukan siapa itu Ketapang Kencana? Tepat sekali, Tanaman peneduh yang sering kita Jumpai di taman. Khusus Muara Tebo dapat dilihat di Halaman Masjid Agung Ittihad.

Sepulang dari Palembang kita Singgah di Rumah Makan Pagi Sore, tak jauh dari tempat mobil parkir ada Pohon Tanaman Ketapang kencana yang besar, tak jauh dari bawah batangnya lumayan banyak berceceran biji biji KK. Biji itulah yang kemudian kita pungutin sembari duduk2 meregangkan otot2 yang sedikit lelah menikmati perjalanan. Berbekal asoy alias kresek alias kantong plastik kita jadikan wadah biji.

Kemudian biji itu setidaknya ada sekitar 30 biji sempat saya ambil dan bawa pulang kerumah untuk dimakan, hehehe untuk di tanam kawan-kawan. Saya tabur ditanah tak jauh dari depan jendela kamar saya.

Sekarang telah berlalu 1 Tahun, biji itu telah tumbuh menjadi anak pohon tanaman Ketapang Kencana. Bahagia melihat pertumbuhannya. Ada sekitar 5 Anak Pohon. Tinggal memindahkan ke lokasi yang lebih pas.

Tumbuh & Berkembang, Alhamdulilah

Semua bertumbuh dengan proses dan tidak semua yang kita tanam akan tumbuh, apa lagi tidak menanam. Jika Sawit atau buah-buahan yang ditanam akan lebih baik. Kalau padi malah gak sampai memakan waktu 1 Tahun sudah dapat mengahsilkan padi siap giling menjadi beras.

Semoga tumbuh dan berkembang menghiasi perjalanan hidup yang rock 'n roll ini, sedikit di mix dengan blues reggae dan campuran lainnya. Hehe

Piss

Post a comment

0 Comments