Harusnya pengguna smartpone juga smart


Smartphone, sumber foto : Internet

Tak bisa kita pungkiri perkembangan teknologi semakin maju dan terus berinovasi, salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah maraknya pengguna smartphone yang terkoneksi dengan Internet. 

Dimana selama ini komunikasi berbicara melalui sambungan HP dan melalui sms, namun saat ini cenderung telah berubah melalui chat berbagai aplikasi di smartpone itu sendiri. Bahkan berbicara sekaligus dapat melihat langsung keadaan, biasa kita kenal dengan Video Call. Ditambah pula dengan adanya live (siaran langsung) melalui aplikasi medsos. Jika dulu kita hanya sering melihat siaran langsung dilakukan oleh TV, sekarang seorang diripun dapat live bak presenter/reporter. Semua bagian dari adanya perkembangan teknologi.

Berbicara smartphone tentu akan selalu terjadi perkembangan, smart artinya adalah pintar/cerdas, boleh kita Indonesiakan bahwa smartphone adalah telpon cerdas. :-) selanjutnya, apakah semua penggunanya cerdas? Silakan nilai sendiri. Selayaknya harus cerdas, atau setidaknya ada keinginan bertanya dan mencari tahu, bahkan saya sendiri belum tentu termasuk dalam kategori cerdas.

Kali ini saya lebih ingin bercerita seputar manfaat sekaligus mudaratnya smartphone, suatu ke khawatiran ala anak muda jaman now, hehe

Berbicara manfaat, tentu saat ini sangat bermanfaat, begitu banyak yang selama ini minim informasi menjadi banyak dan cepat mendapatkan informasi, media online juga bermunculan, begitu pula penyebaran berita TV ataupun peristiwa di suatu daerah. Namun dari manfaat itu semua terkadang ada pula mudarat yang kita sendiri sulit mengatakan atau membedakan suatu kebenaran, kalau sekarang ada istilah hoax, nah perkembangan ini acap kali dimanfaatkan orang berkepentingan untuk menyebarkan hoax atau berita bohong, berisi muatan tulisan, bahkan telah sampai pada muatan video kebohongan.

Semua sangat cepat beredar dengan istilah share/bagikan. Tidak sedikit pengguna smartphone hanya berbekal informasi sedikit ditambah dengan kebencian yang bersumber dari diri sendiri turut serta menyebarkan hoax. Dari sini tentulah menjadi kemirisan tersendiri untuk kemajuan suatu bangsa. Waaah ngeri kali nih bahasa saya, haha

Diberbagai daerah tidak jarang pula kita temukan banyak anak muda yang smart saling mengisi membuat suatu kemajuan diri, lingkungan dan daerahnya masing-masing, menjadi pengguna smartphone yang smart, sehingga dapat memanfaatkan smartphone menjadi barang kecil yang sangat berguna bagi diri mereka. Semua dapat di mulai dari rumah sendiri dulu.

Sekian, semoga kita semua dapat menjadi pengguna smartpone yang smart, hati-hati mendekati masa pileg, pilpres dan juga pilkada, sampai ketingkat pemilihan kades, kadus, par rt/rw bisa jadi juga memanfaatkab smartphone sebagai media penebar hoax, tinggal kita lagi yang dapat memfilter itu semua.

Piss

Post a comment

0 Comments