Cerita Sore di Lubuk Tembesu


Ngobrol santai

Bingung dengan Kata 'Lubuk Tembesu'? Tenang, www.adhisawank.com selalu memberikan penjelasan dengan gaya bahasa alakadarnya. Hehe

Kemarin sore kita berkunjung kesana, suatu tempat di daerah Desa Bungkal Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo yang terdapat Pohon Kayu Tembesu.

Seingat saya diwaktu kecil, Kayu Tembesu di tebang dan dijadikan Papan ataupun kayu untuk perabot rumah, mulai dari Pintu, dll. Pas tahu ada lubuk tembesu di Desa Bungkal lumayan terkejut juga. Setelah main kesana ternyata Pohon Tembesunya tidak terlalu tinggi. Namun penuh keindahan, adem nongkrong disana.

Wakapolres Tebo bersama Pemuda Bungkal

Pemuda bungkal tergabung dalam Karang Taruna di Ketuai oleh Rinto menemani kita sore itu bersama teman-temannya. Terlihat kemarin mereka sedang membuat jembatan sebagai akses menuju ke lubuk tembesu. Beberapa spot foto telah mereka siapkan. Kata Galuh sore itu, hampir setiap hari selalu ada orang berkunjung kesana, menikmati adem nya lubuk tembesu sekaligus berfoto disana.

Pemuda yang hadir sore itu mendapatkan saran bagus dari Wakapolres Tebo Kompol Yudha Pranata, beliau menyarankan agar kayu-kayu kecil (tunggul) dapat dibersihkan ataupun dimanfaatkan menjadi berguna, dibuat tempat asbak rokok atau tempat sampah, sehingga orang yang berkunjung apalagi anak-anak kecil yang berlarian dapat terhindar dari benda tersebut. Rumput yang tinggi kemudian dapat dipotong. 

Lubuk tembesu diketahui merupakan lahan milik salah satu warga, saat ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata oleh teman-teman disana, Rinto pernah menceritakan bahwa selama ini Bungkal diplesetkan sebagai singkatan dari Buntu Akal. Namun sekarang kata Pak Waka Bungkal itu Bangkit Unggul dan Berakal. 

Rencananya dalam waktu dekat akan diadakan Kopdar disana, kemungkinan hari minggu 21/10/2018. Bagi yang masih penasaran silakan merapat ke Lubuk Tembesu. 

Semoga apa yang dibuat kawan-kawan Bungkal dapat bermanfaat dan menjadi suatu tempat nan damai, ramah dan mengasikkan.

Piss

Post a comment

0 Comments