e-Wallet Semakin Populer dan Banyak Digunakan, 4 Ini Diantaranya

www.adhisawank.com


e-Wallet terdiri dari electronik dan wallet. Jika di Indonesia maka lebih dikenal dengan sebutan 'Dompet Digital'. 

Selain e-Wallet, juga ada e-Money. Disini kita kenalan sama e-Wallet dulu ya.

Arti e-Wallet :

e-Wallet atau Dompet digital  adalah suatu layanan elektronik yang berperan dalam proses penyimpanan data sekaligus sebagai instrumen pembayaran. 

Perkembangan teknologi menjadikan proses transaksi jual beli lebih mudah, baik secara online maupun offline, beberapa e-wallet bisa digunakan.

e-Wallet di Indonesia semakin populer dan banyak digunakan hingga ke tingkat Desa, hal ini tidak lepas dari makin maraknya transaksi jual beli secara online.

Tidak hanya bisa melakukan proses transfer,  e-Wallet juga menyediakan fitur lainnya, seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, BPJS Kesehatan, Air, dll.

Semakin mudah semuanya dalam genggaman smartphone kita. Tentunya semua bisa digunakan setelah terinstal di smartphone dan mendaftarkan diri.

Kemudian lakukan Top up Saldo untuk melakukan transaksinya.

e-Wallet ini juga mempermudah bagi kita yang jauh dengan Bank, ini juga bagian dari solusi yang tidak mempunyai akun Bank.

Apakah Anda salah satu yang aktif sebagai pengguna e-Wallet? Atau baru tahu dan Ingin menggunakannya?

Ini diantara e-Wallet atau Dompet digital yang populer di Indonesia.

1. OVO

Dompet digital yang satu ini makin populer, OVO sempat menggandeng dua musisi dari Slank yaitu Kaka dan Bimbim dalam hal mengkampenyekan dan mengedukasi kemudahan top up atau isi ulang OVO.

Melalui e-Wallet OVO, pengguna juga bisa melakukan transaksi secara offline atau langsung ke toko dengan cara scan barcode qris yang sudah tersedia.

Apabila sudah di-upgrade ke versi yang premium, pengguna OVO bisa melakukan transfer uang antarbank. OVO juga bisa digunakan untuk membeli pulsa, dan membayar tagihan.

2. DANA

e-Wallet yang dirilis pada Tahun 2018  ini juga banyak digunakan di Indonesia, sampai ke tingkat Desa.

DANA juga sudah terkoneksi dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil. 

Transfer antar DANA maupun ke Berbagai Bank, mudah dilakukan oleh pengguna DANA, pembeliam pulsa dan pembayaran tagihan bulanan seperti PLN, BPJS Kesehatan, dll juga bisa dilakukan.

3. Gopay

Gopay merupakan e-Wallet yang sangat populer dikalangan pengguna jasa Gojek. 

Selain dapat  digunakan untuk pembayaran layanan Gojek, seperti Go-ride, Gocar, Gofood, Gosend, Goplay, dan lain-lain, Gopay juga bisa digunakan untuk transfer antar bank.

Tidak hanya itu, pengguna Gopay juga bisa melakukan pengisian pulsa, pembayaran tagihan, hingga jasa pengiriman.

4. ShopeePay

Pengguna Shopee pastinya sudah akrab dengan e-Wallet yang satu ini. 

bagi yang sering melakukan proses pembayaran di aplikasi shopee ketika berbelanja tentunya sudah tahu apa saja yang bisa dilakukan melalui e-Wallet ShoopePay.

Dompet Digital Shopeepay juga dapat digunakan untuk mengisi pulsa, paket data, pembelian Token PLN, bayar BPJS Kesehatan, dll.

Kemudahan transfer ke Bank lain tanpa biaya admin.

Shopeepay juga bekerja sama dengan toko atau merchant offline sehingga pengguna dapat menggunakan secara langsung melalui metode scan barcode QRIS yang tersedia.

Selain empat dompet digital diatas, masih ada lagi e-wallet lainnya, antara lain LinkAja, i-Saku, Jenius, Sakuku, dll.

Sekian dulu.

Post a Comment

0 Comments