Kangen Lagu Slank, 3 Orang Slanker's Bikin Lagu 'Jadi Kangen Lagu Slank'

www.adhisawank.com


Belakangan kemarin, banyak slanker's (sapaan bagi fans group band Slank) yang protes atas hasil karya Slank yaitu lagu-lagu Slank.

Tidak hanya lagunya saja, sikap Slank yang terjun langsung memihak salah satu capres di Tahun 2014 lalu juga mendapatkan berbagai kritikan dari slanker's.

Walau kritikan itu tidak bisa menghentikan niat Slank dalam mendukung Jokowi - Jusuf Kalla yang saat itu menjadi calon presiden dan wakil presiden.

Lagu 'Salam Dua Jari' pun telah tercipta menjadi theme song yang cepat akrab dikalangan masyarakat Indonesia.

Slank berhasil menghantarkan salah satu slanker's menjadi Presiden RI.

Ungkapan kritikan slanker's itu bemunculan di media sosial, khususnya Facebook dan Instagram. Ada juga yang langsung men-direct message ke akun personil Slank secara pribadi.

Cara yang apa adanya itu nampaknya tidak pernah digubris secara serius sama Slank, baik management maupun secara pribadi para personilnya.

Bahkan drummer Slank, yang juga sering disapa king bim-bim secara terang-terangan mengatakan langsung memblokir akun yang dianggap tidak pas baginya.


Lalu kemana slanker's bisa menyampaikan aspirasi mereka kepada Slank?

Mereka harus rela menahan diri untuk protes, dan berdamai kembali dengan rasa kekecewaan mereka. Membaur bersama slanker's lainnya dalam satu arena konser menyaksikan kembali Slank konser.

Jejak digital protes slanker's melalui kolom komentar Facebook & Instagram ini mungkin sangat gampang ditemukan di media sosial, atau sudah terhapus oleh waktu yang terus berlalu.

Berbeda cara penyampaian dengan slanker's lainnya. Dibulan Oktober 2022 ini ada 3 (tiga) orang slanker's melahirkan satu karya dalam bentuk lagu.

Judul lagunya "Jadi Kangen Lagu Slank". Mereka mengungkapkan kerinduan akan lagu Slank yang biasanya selalu ada kritik sosial atau sentilan seputar keadaan terkini di Indonesia.

Lagu ini berisi cerita tentang harga barang melonjak tinggi, seiring BBM naek lagi.


Bertepatan dengan situasi beberapa waktu lalu, heboh dikalangan masyarakat Indonesia dengan naiknya harga BBM. Apalagi masyarakat yang jauh dari pusat SPBU, sangat merasakan dampak naiknya BBM. 

Begitupun harga sembako yang ikut naik makin terasa, sementara harga komoditi hasil panen petani tidak ikut naik.

Upaya demonstransi tidak membuat harga BBM gagal naik, begitupun walkout nya Fraksi PKS saat sidang di gedung dewan terhormat beberapa waktu yang lalu.

Setelah lagu Iwan Fals & Slank yang pernah menuliskan sejarah naiknya BBM melalui lagu mereka. karya dari Slanker's ini layak didengarkan sebagai catatan sejarah kenaikan BBM yang terjadi lagi di Negeri ini.

Ada 4 (empat) lagu Slank turut masuk dalam lirik lagu ini, diantaranya : birokrasi complex (Album Generasi biru), naik-naik kepuncak gunung (Album mata hari reformasi), gosip jalanan, dan  krisis BBM (Album PLUR).

Lirik yang singkat  cukup mewakili suara slanker's yang rindu akan lagu-lagu slank yang cukup kritis terhadap beberapa kebijakan Pemerintah kala itu. 

Balutan aransemen yang easy listening tambah manis dengan suara rinding yang dimainkan oleh Bejo Sandy Ngalam.

Rinding merupakan instrumen harpa mulut yang terbuat dari bambu.

Selamat atas rilisnya lagu ini, semoga apa yang disuarakan sampai ke Slank, dan menjadi satu masukan yang membakar semangat Slank kembali melahirkan karya yang dirindukan oleh slanker's.

Siapa saja  3 (orang) slanker's yang berkolaborasi dalam lagu "Jadi Kangen Lagu Slank?

Pertama, saya perkenalkan Begoendals alias yang saya kenal selama ini adalah bang D'onk Lombok.

Salah satu teman slanker yang dulu kenal melalui koran2an Slank. Sampai akhirnya pernah bertemu langsung waktu saya singgah di Lombok.

Dari dia lah saya tahu lagu ini akan dirilis pada tanggal 21 Oktober 2022 melalui kanal YouTube Ambon Doank.

Beruntung sebelum diposting ke akun tersebut, saya dapat kiriman terlebih dahulu dari bg D'onk. Dengan catatan jangan disebar dulu.

Hingga saat ini, amanah tersebut saya jalankan, karena teman-teman bisa langsung cek YouTube Ambon Doank untuk mendengarkannya.

Kedua, saya perkenalkan Ambon Doank. Ini dia situkang bikin lagu yang multitalenta. Musisi indie lombok.

Kata bg D'onk alias Begoendals, Ambon Doank juga seorang rapper dan anak Vespa.

Dia juga slanker yang awal-awal ngerintis SFC Lombok. 

Kritiknya terhadap Slank  juga pernah dituliskan jadi lagu pada Tahun lalu, judulnya "Temanku Nggak Slank". 

Isi liriknya lebih pedas dan tajam, dengan bahasa yang apa adanya. Boleh disimak juga di kanal YouTube Ambon Doank.

Ketiga, Bejo Sandy Ngalam. Pria berambut panjang ini adalah slanker yang pernah menjabat sebagai ketua SFC Malang.

Seniman rinding dan juga teater ini aslinya berasal dari Ambon, sama seperti Ambon Doank.

Sekian dulu,

Ayoo ngaku, siapa yang kangen lagu Slank??

Dengerin dulu lah lagu hasil karya Slanker ini.

Piss

Post a Comment

4 Comments

  1. Merasa sangat bangga dgn abang2ku ini... big support selalu buat bang ambon dkk

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak om ganteng 😍😍✌✌semoga Virus #KangeLaguSlank menyebar dan membuat Slankers makin aktif untuk berkarya dengan apa saja yang kita bisa 🙏🙏✌✌ piss

    ReplyDelete