25 Jul 2017

Bagaimana Cara Cepat bikin SIM?


Akhirnya Terbit juga

Saya pikir semua orang yang sudah 17 Tahun keatas sudah kenal ya dengan yang namanya SIM, khususnya yang sudah bisa mengendarai sepeda motor dan mobil, berbagai macam Jenis SIM, untuk orang penyandang cacatpun ada SIM nya yaitu SIM D, kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya selama mengurus SIM C hingga akhirnya bisa saya dapatkan kartu kecil yang disebut Surat Izin Mengemudi tersebut, ini tentu satu2nya surat yg kecil dan berbentuk kartu, dimana biasa kita tau bahwa surat itu biasanya selembar kertas bahkan lebih, jadi sebenarnya apa sih definisi Surat dan SIM itu? Berikut dibawah ini pengertiannya silakan dibaca.

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja.

SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Baik, udah pada baca kan? Ngerti dong ya? Sekarang saya lanjutkan cerita saya, pengurusan SIM sekarang sangat gampang, syarat2nya dapat anda catat sebagai berikut :

Udah itu aja, dalam hal ini saya berterima kasih kepada Dokter Widya dan asistennya fitri yg sudah membantu untuk Surat keterangan sehat.

Hari itu tanggal 14-3-2017 saya datang ke Polres Tebo dengan gagah berani, disambut ramah sama pak polisi dibagian pengurusan SIM, setelah mengisi formulir kemudian menunggu untuk ujian teori, tak lama menunggu langsung dipanggil ikut tes teori, di dalam ruangan tes saya pede abis mengisi 30 soal yang ada, sekali baca langsung di isi, semua saya lakukan pakai insting tanpa belajar, siap mengisi langsung dikoreksi oleh pak polisi, alhamdulillah baru betul 19 soal, sedangkan minimal betul harus 21 soal, dan artinya saya belum lulus ujian teori, sungguh terpaksa harus datang lagi setelah 1 minggu. Namun saya kembali datang pada tgl 18-5-2017 dan ujian kembali setelah dikoreksi betul 20, artinya saya masih gagal, efek gak belajar kali nih, dan gak pkek berdoa lagi sebelum mengisi, semacam ada rasa dongkol dalam hati dan malas mau ujian lagi, mendengar cerita salah satu teman kantor yg 3 kali sudah gagal harus memasukkan bahan kembali dari awal, menjadi semangat lagi, aaah masih ad 1 kali jatah gagal, harus bisa lulus, begitulah gumam dalam hati, apalagi banyak himbauan dalam spanduk dan x banner di ruang tunggu ujian SIM bertuliskan "Stop Calo, urus SiM sendiri" Memotivasi banget ni jadi orang benar merevolusi sistem yang selalu dipikir negatif kebanyakan orang.
Ingat pesan aa gym deh "mulai dari diri sendiri".
Tak lupa saya foto disebagian himbauan STOP CALO!!!

STOP PUNGLI!!! URUS LA DEWEK SIM KAMU
STOP Pungli, Lapor Satgas Saber Pungli

LIAT TUH TULISAN HIMBAUAN BAGUS-BAGUS

Ok, tibalah saat teman kantor minta temani ke polres untuk perpanjangan SIM C dia pada 12 Juli 2017, enaknya kalau perpanjang tidak melalui ujian lagi, tentu sudah pernah ujian sebelumnya kan, sedangkan saya harus ujian kembali, salah sendiri sih SIM C saya sudah mati. Lanjut mengikuti tes tertulis dijatah yg ke-3 ,sebelum memasuki ruangan tes, saya berdo'a terlebih dahulu, saya benar2 khusuk untuk Do'a kali ini, kemudian masuk ruang tes, kertas soal dan lembar jawaban sudah ditangan, tak seperti 2 tes sebelumnya, kali ini saya benar2 baca berulang-ulang untuk 1 soal saja, jika merasa belum bisa jawab maka saya lewatkan, maklum saya tetap mengisi pakai insting saja, kan orang pintar yang pernah ada, haha, soalnya gampang sih, al hasil saya gunakan waktu sampai limitnya habis yaitu 20 menit, kumpul deh, menunggu sesaat karena pak polisi sedang mengkoordinir peserta ujian praktek, ibu polwan yang sigap ambil alih mengoreksi lembar jawaban saya, deg-deg an udah pasti, melihat ibu polwan mengoreksi, aaah ternyata ada 1 soal malah tidak saya isi, makin deg-deg an nih, 2 tes terdahulu saja 30 soal saya isi semua malah gagal, ini 29 soal yang saya isi. Namun alhamdulillah saat penghitungan saya betul 23. Artinya saya bisa lulus, memang pintar ya saya. Hahaha. Alhamdulillah Mak saya lulus, meski perjuangan saya belum usai, langkah menuju ujian praktes sudah terbuka, menunggu lagi untuk ujian prkatek.

Makin pede saya bisa lulus, menunggu giliran ditemani kawan saya bernama Leni Qusdi, foto dulu peserta jelang tes praktek, jepret ....

Foto Bareng Jelang ujian Praktek

Tibalah saat giliran saya, minta tolong kepada Qusdi, rekamin dong, niat nya ya akan saya posting agar orang2 tidak berfikiran terlalu sulit untuk mengurus SIM mereka, begini loh, bikin SIM itu gampang, silakan saksikan Video ujian praktek saya saat itu dibawah ini.



Video di atas bukalah video kelulusan saya, ada 2 ujian yg blm lulus, yaitu uji  terjadi kesalahan kaki kanan saya menginjak ke aspal, uji angka 8 saya mainkan gas motor. Dan artinya hari itu saya gagal tes uji lapang I,kata Pak Polisi silakan kembali lagi 1 minggu kemudian.

Pada 20 Juli  2017 saya kembali datang ke Polres Tebo sejak pagi sekitar pukul 9 an,  begitu ramai hari itu, sehingga waktu dihabiskan di polres sampai sore, uji praktek I kali ini saya banyak mendokumentasikan video, dan jadi banyak kawan seperjuangan, blak2an semacam sudah akrab kita bercanda tawa agar suasana tidak membosankan, nah disini pula ada 1 org yg tes hari itu dan lulus jg hari itu, namanua muzakir, saya coba tanya ke dia tips n triknya di ujian teori, saya belajar bg jawabnya melalui contoh2 soal yg saya dapatkan di internet. Untuk ujian praktek dia juga langsung lulus di uji lapang I, tenang dan pede banget deh bawa motornya, Ada juga salah satu cewek yg lulus saat itu, saya juga dokumentasikan untuk uji angka 8, silakan tonton dibwah ini, buat motivasi kawan2 cewek nih, namun tes nya gak cuma sampai situ, kita melalui uji lapang II, kita bawa motor keluar alias tes dijalan, dan setelah itu akan ada pertanyaan dari pak polisi yang menguji, semisal pertanyaan "bagaimana cara menyalip?" Dll. Silakan lalui semua proses itu dengan Semangat, belajarlah untuk memulai segala sesuatu itu dari diri kita sendiri dulu.

Berikut beberapa Video Perjalan urus SIM C saya :













Silakan rangkum sendiri tips n trik dari saya diatas, disini saya hanya ingin mengajukan pertanyaan :

BAGAIMANA CARA AGAR ADA SOLUSI TES SIM TIDAK MEMAKAN WAKTU YANG LAMA?

 Mungkin perlu adanya tenggang waktu mengulang lebih cepat, gagal hari ini boleh datang hari esok, atau akan lebih baik boleh mengulang hari itu juga, soal tes  nya kan juga ada nomor seri masing-masing alias berbeda. Untuk uji praktek lapang Mungkin dipersilakan para peserta tes untuk mencoba terlebih dahulu dengan jatah percobaan 2 s/d 3 kali, setelah itu baru dilaksanakan ujian.

Tentu hal tersebut membuat antrian makin menumpuk, untuk solusinya bisa jadi ada tambahan Sepeda motor uji praktek sim, dan jika cuma ada 1 unit, bisa jadi per hari peserta SIM dibatasi, sehingga dapat meminimalisir waktu dari para peserta yang mungkin datang jauh-jauh dari desa atau rumah yang jauh dari polres.

Namun jika segala peraturan yang telah ada tidak dapat diganti lagi, silakan para peserta yang  mau membuat SIM mencari solusi sendiri, solusi dari saya :
  1. Berdo'a terlebih dahulu
  2. Silakan belajar
  3. Tonton video saya dan cobalah dilangan terbuka ujian tersebut.
  4. Dari setiap uji lapang, sebelum memulai diharuskan kepala menoleh ke kanan, ingat jangan salah, kemarin ada 1 peserta malah menoleh ke kiri, ini jadi bahan candaan kita juga kemarin.
  5. Tanamkan dalam hati kalian, Hidup Asik tanpa Orang dalem, soalnya kemarin ada yg nanyain di fb saya, abang urus SIM ada orang dalem y? Saya cuma bilang, Abang cuma pakek celana Dalem, haha
Yesss, STOP CALO!!! URUS SENDIRI SIM ANDA KAWAN!!

No comments:

Post a Comment